Senin, 13 Agustus 2018

Apa sih Forum Puspa, kok berkaitan dengan perempuan dan anak?

BORNEONEWS - Forum Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (Puspa) telah terbentuk 2017 lalu. Namun masih banyak yang belum memahami apa itu Forum Puspa.

Asisten Deputi Partisipasi Media Kementerian PPPA Fatahilah menjelaskan, Puspa adalah wadah untuk menyamakan persepsi dan bekerja sama untuk mengatasi permasalahan perempuan dan anak, di antaranya trafficking, kekerasan, prostitusi, pernikahan dini, putus sekolah pasa anak perempuan, eksploitasi, kematian ibu dan anak. 

"Forum Puspa ini adalah medium yang di dalamnya ada unsur lembaga masyarakat, lembaga profesi, dan media yang bersinergi dan memiliki jejaring yang luas dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak," jelas Fatahilah saat menjadi narasumber dalam Pelatihan bagi Anggota Forum Puspa Kabupaten/Kota dan Provinsi Kalteng di Aquarius Hotel, Rabu (8/8/2018).

Lalu, kenapa dibentuk Forum Puspa? "Forum ini perlu dibentuk karena lembaga masyarakat dan profesi serta media memiliki jejaring yang luas dan lebih dekat dengan masyarakat. Selain itu, karena ada keterbatasan SDM sehingga keterlibatan forum ini sanbat diperlukan dalam pemberdayaan perempuan dan pelindungan anak," terangnya.
Apalagi, permasalahan perempuan dan anak ibarat fenomena gunung es. Kasus yang dilaporkan tidak sebanyak kasus yang terjadi di masyarakat.

Untuk itu, ia berharap, Forum Puspa ini terbentuk di setiap kabupaten/kota.

Pelatihan bagi Anggota Forum Puspa ini digelar selama 5 hari, sejak 7 hingga 11 Agustus 2018 dan diikuti 60 peserta perwakilan dari provinsi, kabupaten/kota. (OKTRIKA/B-5)


EmoticonEmoticon